Konsep Laboratorium Terintegrasi

Seiring dengan kemajuan zaman , begitu cepatnya laju pertumbuhan teknologi di dunia ini membuat kita sebagai komunitas pendidik dan tenaga pendidikan tak dapat tinggal diam untuk andil didalam mempersiapkan anak didik kita agar menjadi anak bangsa yang dapat ikut ambil bagian dalam pertumbuhan teknologi dunia yang begitu cepat saat ini. Tidak heran jika di era globalisasi saat ini banyak bermunculan sekolah – sekolah” plus” baik dari dalam maupun luar negeri yang berlomba- lomba menarik perhatian para orang tua untuk dapat mengakomodasi putra dan putri mereka menjadi bagian dalam kemajuan dunia tersebut. Dari mulai meningkatkan teknologi pembelajaran dengan berbagai fasilitas, meningkatkan sumberdaya dan meningkatkan program – program pembelajaran yang terarah. Atas dasar tersebut diatas maka perlu dibuat suatu system pembelajaran terutama untuk bidang sains yang lebih dapat menggugah minat siswa dalam belajar. Salah satu diantaranya adalah dengan dibentuknya science centre, Yaitu system penggunaan laboratorium terintegrasi. Laboratorium ini dapat dimanfaatkan secara bersama untuk setiap jenjang, akan tetapi ada baiknya dimulai dari perpaduan antara jenjang SMP dan SMA terlebih dahulu. Konsep Laboratorium terpadu ini juga berfungsi bukan hanya memadukan penggunaan untuk jenjang SMP dan SMA saja , melainkan juga memadukan beberapa unsure yaitu Fun, experiment, virtual dan Advance sehingga dapat mengakomodasi seluruh aspek sains. Fun lebih kepada alat peraga sederhana dan menarik, konsepnya mirip dengan PPIPTEK , experiment lebih kepada lab pada umumnya , siswa dapat mengambil data numeric, menganalisa hingga mengambil kesimpulan. Virtual sebagai jembatan untuk melakukan experiment yang menggunakan alat –alat khusus sedangkan advance lebih kepada pengembangan lebih lanjut untuk siswa tertentu ataupun guru yang ingin mengembangkan ilmunya lebih lanjut.

1. Laboratorium Experimen

Program Laboratorium Experimen ini adalah laboratorium yang digunakan untuk melakukan percobaan – percobaan dimana siswa dapat mengambil data dan kemudian menganalisisnya. Seperti laboratorium pada umumnya, laboratorium ini terdiri dari peralatan praktikum yang baku dan sudah dipaketkan menurut materi mata pelajaran. Siswa mendapatkan bimbingan praktikum oleh guru bidang study dan pembimbing praktikum dengan dilengkapi buku penuntun praktikum.

2. Laboratorium Alat Peraga (FunLab )

Program Laboratorium FunLab adalah laboratorium alat peraga yang berisi peralatan sederhana yang dapat digunakan sebagai alat peraga dalam pembelajaran. Alat peraga ini pada umumnya dibuat dari bahan – bahan yang mudah didapat dalam kehidupan sehari – hari dan kebanyakan dalam pendekatan permainan atau kasus – kasus dalam kehidupan sehari – hari. Didalam pelajaran fisika misalnya adalah model kapal selam, model motor listrik, prinsip penyimpanan muatan listrik pada kapasitor, batere dari buah jeruk, mikroskop air, menggelinding keatas dll. Pada laboratorium ini peralatan bersifat portable, tidak menggunakan analisis data angka baku tetapi pada lembar siswa berisi isian yang bersifat explorasi.

3. Laboratorium Lanjutan ( Advance Lab )

Laboratorium Lanjutan merupakan laboratorium yang berisi peralatan – peralatan lebih canggih, yang memuat materi lebih spesifik. Dalam laboratorium ini tidak terlalu banyak dipajang alat-alat, hanya beberapa alat saja yang dapat mewakili dan sisanya dalam bentuk maket atau chart. Didalam pelajaran fisika contohnya adalah Percobaan efek Hall, tabung sinar katoda dll. Laboratorium ini berfungsi sebagai pelengkap dalam mempersiapkan para siswa yang dibina untuk persiapan OSN ( Olimpiade Sains Nasional ) dan juga untuk menjembatani para siswa yang ingin melanjutkan pada program study yang berhubungan. Laboratorium ini memang belum lazim ada ditingkat SMA , tetapi untuk materi pelajaran tersebut termasuk materi yang harus disampaikan.

4. Laboratorium Virtual

Laboratorium Virtual adalah Laboratorium yang berisi seperangkat computer dengan program simulasi dari beberapa alat laboratorium yang sulit dihadirkan di Lab, riskan terhadap kerusakan , beresiko tinggi dll. Contoh dalam Fisika adalah : Penggunaan oscilloscope , sebelum digunakan alat yang asli, sebaiknya menggunakan lab virtual dahulu, karena disini siswa dapat melakukan pengukuran secara simulasi , setelah itu baru digunakan alat aslinya secara nyata. Alat ini selain tergolong mahal juga rentan terhadap kerusakan. Peralatan listrik dengan menggunakan tegangan extra tinggi dll. Dalam pelajaran biologi misalnya juga dapat digunakan untuk menghadirkan sosok binatang langka atau buas. Progam – program dan software dapat dibeli yang sudah jadi. Atau para guru dapat membuatnya dari yang paling sederhana.

III. Denah Ruang Laboratorium

denah Laboratorium center IV. Peralatan A. Peralatan FunLab dalam judul Contoh :

1. Menggelinding keatas

2. Tembak kaleng yang jatuh

3. Kelereng Misterius

4. Korsel Piring

5. Kertas mencari pusat

6. Tinggalkan jejak garis lurus

7. Mencari titik berat benda

8. Potongan kertas ajaib

9. Botol setan

10. Resonansi ring baut

11. Kaleng ajaib

12. Ditolak bola

13. Jembatan uang kertas

14. Memegang kertas terbakar

15. Memasukan koin dalam gelas

16. Timbang badan dengan air

17. memasukan kapur tulis dalam gelas

18. Memutuskan benang pada gantungan beban

19. Gerak jatuh cincin

20. Balapan balon

21. Tekanan angina pada troli

22. Gaya sentripetal

23. mesin gravitasi

24. Kekekalan Momentum Pada kelereng

25. Meriam tabung reaksi

26. Balapan kaleng

27. Berhenti memacur pada gelas kopi

28. Fase bulan

29. Lensa air

30. pelangi

31. melihat kawat filament bohlam susu dll

B. Peralatan Lab Experimen Peralatan seperti yang telah ada sekarang

1. Paket Optik 2. Paket Listrik Magnet 3. Paket Gelombang bunyi 4. Paket Mekanika 5. Paket Suhu dan Kalor 6. Paket Fluida

C. Peralatan Advance Lab Contoh :

1. Efek Hall

tesla meter2tesla meter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s